Pengaruh Brand Image Produk C-59 Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Caladi Lima Sembilan
Main Author: | Prasetia, Dani Suria Eka |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
Universitas Widyatama
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/910 |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pengaruh Brand Image Produk C-59 Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Caladi Lima Sembilan â .PT. Caladi Lima Sembilan adalah sebuah perusahaan yang menghasilkan produk berupa T-Shirt dan berbagai macam produk lainnya. Penggunaan bahan baku yang berkualitas, desain, corak serta warna turut pula mempengaruhi citra suatu produk di mata konsumen. Dalam hal ini perusahaan harus membangun citra merek yang baik di mata konsumen, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang brand image produk C-59 pada PT. Caladi Lima Sembilan, untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Caladi Lima Sembilan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian survai, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian survai digunakan dengan maksud penjelasan (explanatory) agar data-data yang dikumpulkan, diproses dan dianalisa untuk menjelaskan hubungan atau korelasi antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Jumlah anggota sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 orang responden yang melakukan pembelian atas produk C-59. Tanggapan konsumen terhadap brand image produk C-59 pada PT. Caladi Lima Sembilan secara keseluruhan dapat dikatakan baik dengan rata-rata sebesar 3,408. Sedangkan tanggapan konsumen mengenai keputusan pembelian terhadap produk C-59 pada PT. Caladi Lima Sembilan dapat dikatakan tinggi dengan rata-rata sebesar 3,628. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh nilai koefisien korelasi rank spearman sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah dan searah antara brand image dengan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi diperoleh nilai kd sebesar 10,24 % yang berarti brand image mempunyai kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 10,24 % dan sisanya sebesar 89,76 % dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar brand image. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan α 5 %, maka diperoleh t hitung sebesar 1,728 lebih besar dari t tabel 1,701. hal ini berarti t hitung berada pada daerah penolakan H0. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu â brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen â , dapat diterima. Berdasarkan analisis pernyataan responden terhadap brand image produk C-59 secara keseluruhan, disarankan agar pihak perusahaan mampu mempertahankan kualitas produk yang sudah dianggap baik dan memperbaiki kekurangan yang lain mengenai design gambar yang kurang menarik sehingga pihak konsumen memutuskan untuk membeli produk C-59.