Peranan Biaya Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualam Paket Perdana FLEXI TRENDY pada PT.TELKOM DIVRE III Bandung
Main Author: | Erlangga, Dimas |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
Universitas Widyatama
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/609 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di PT.TELKOM DIVRE III Bandung yang merupakan salah satu Divisi Regional PT. TELKOM menyelenggarakan jasa informasi dan komunikasi (InfoCom) diwilayah propinsi Jawa Barat (tanpa Bogor, Bekasi, Karawang dan Purwakarta) dan Banten (Rangkasbitung dan Pandeglang) yang melayani 14 Daerah Tingkat II / Kabupaten dan 6 kota Penelitian penulis difokuskan pada salah satu produk baru yang dikeluarkan PT.TELKOM berupa telepon selular berbasis CDMA(Code Division Multiple Access) dengan nama produk Flexi Trendy yang merupakan layanan telepon selular dengan sistem prabayar. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai peranan biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan paket perdana Flexi Trendy pada PT.TELKOM DIVRE III Bandung Sedangkan tujuannya adalah : 1. Untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan PT.TELKOM DIVRE III Bandung 2. Untuk mengetahui biaya promosi yang dikeluarkan PT.TELKOM DIVRE III Bandung pada bulan Oktober 2004 sampai dengan September 2005? 3. Untuk mengetahui volume penjualan paket perdana Flexi Trendy pada bulan Oktober 2004 sampai dengan September tahun 2005 4. Untuk mengetahui sejauh mana peranan biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan paket perdana Flexi Trendy pada PT.TELKOM DIVRE III Bandung Untuk mengetahui seberapa besarnya peranan biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan paket perdana Flexi Trendy pada PT.TELKOM DIVRE III Bandung penulis melakukan penelitian dengan metode deskriftif analisis yang bertujuan memberikan gambaran yang jelas mengenai penelitian dan kemudian dilakukan anlisis terhadap objek penelitian tersebut dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan riset lapangan, yaitu wawancara, survei dan observasi. Melalui penelitian yang penulis lakukan,maka didapat hasil sebagai berikut : Dari hasil perhitungan antara variabel independent (biaya promosi) dan variabel dependent (volume penjualan) mempunyai hubungan yang sangat kuat, hal ini dapat terlihat dari perhitungan koefisien korelasi yang mempunyai nilai r =0.9479 disamping itu kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT.TELKOM DIVRE III Bandung memberikan kontribusi sebesar 89,85% terhadap peningkatan volume penjualan. Berdasarkan uji hipotesisnya diperoleh perbandingan t Hitung > t tabel (9.64 > 2.2281) ini berarti biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan dan volume penjualan mempunyai hubungan yang kuat dan positif