Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Prediction, Observation And Explaination (POE) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Main Authors: umrah, siti, Suhartono, Suhartono, Yuliani, Hadma
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang , 2019
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/3207
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/3207/2461
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi elastisitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Serta terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran inkuiri terbimbing.