PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN TEKANAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO
Main Authors: | Durrouwi, Isayazi, Saptaningrum, Ernawati, Siswanto, Joko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/2572 http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/2572/1940 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan tekanan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggungharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggungharjo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas VIIID dan kelas VIIIF. Analisis akhir menggunakan uji-t (pihak kanan). Pada uji t diperoleh thitung 1,756 > ttabel 1,666 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran yang dilaksanakan di kelas eksperimen dengan pembelajaran di kelas control. Saran yang dapat peneliti sampaikan perlu adanya perubahan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode outdoor study sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.