PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING DALAM MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: Khasanah, Uswatun
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang , 2018
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/2356
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/2356/1812
Daftar Isi:
  • Pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berakibat pada rendahnya prestasi belajar dan keaktifan siswa. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan metode dan media pembelajaran yaitu metode TGT dan STAD dengan media kartu soal sebagai salah satu alternatif metode dan media pembelajaran yang akan diterapkan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan dengan menggunakan metode STAD dan TGT.Penelitian dilaksanakan di MTs N Subah pada tanggal 22 Mei 2013 sampai 29 Mei 2013. Subjek penelitianadalah kelas VIII B dengan siswa sebanyak 22 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan kinerja guru.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dan keaktifan siswa dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas atau 63,33%. Pada siklus II terdapat 23 siswa yang tuntas atau 76,67% dan siklus III terdapat 26 siswa yang tuntas atau 86,67%. Keaktifan siswa dalam hal aktivitas individu dan aktivitas kelompok dari siklus I sampai siklus III mengalamai peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasiklal yang diperoleh 70,28% untuk aktivitas individu dan 70,37% untuk aktivitas kelompok. Pada siklus II ketuntasan klasiklal yang diperoleh 76,94% untuk aktivitas individu dan 77,78% untuk aktivitas kelompok. Pada siklus III ketuntasan klasiklal yang diperoleh 80,00% untuk aktivitas individu dan 83,33% untuk aktivitas kelompok.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran fisika menggunakan metode STAD dan TGTdapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memperhatikan kognitif siswa kelas VIII B MTs N Subah