Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika
Main Authors: | Bima, Ahmad Fadhil, Widodo, Widodo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/1333 http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/1333/1144 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termodinamika. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan model penelitian one group pretest posttest. Sampel penelitian adalah kelas XI Keperawatan 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian mengggunakan instrumen tes berupa essay. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match dimana tobservasi lebih besar dari ttabel yakni 2,060<10,050>2,787. Besarnya peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkannya strategi pembelajaran Index Card Match adalah 7,69% menjadi 84,62%.