UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV

Main Authors: Nugraheni, Beti, Relmasira, Stefanus C.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM-Universitas Negeri Jakarta , 2017
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5336
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5336/3963
Daftar Isi:
  • Abstract : This study aims to improve science learning outcomes in grade 4 studentsSDN Getasan through a model of problem-based learning assisted media images. Thetype of research used is classroom action research conducted in two cycles where eachcycle begins with planning, action implementation, observation and reflection. Thesubjects of this study are the fourth graders of SD Negeri Getasan with the number ofstudents 25 students consisting of 11 female students and 14 male students. The resultsobtained by using learning model of learning-based learning media a picture ofcompleteness in the first cycle of 84% or 21 students and cycle II of 100% or 25 students.Frequency of learning completeness that is prasiklus 17 students, cycle I become 21student, and cycle II to 25 students with percentage of prasiklus 68%, cycle I 84%, andcycle II 100%. The average value of the class before the action of 68.4 then the action inthe first cycle increased to 71.6 and in the second cycle to 81. This happens becausestudents are active and play a direct role in mangamati and analyze directly on thepicture, it can be concluded that The use of Problem Based Learning model assisted bythe image media can improve the learning outcomes of science in grade 4 students ofSDN Getasan. Keywords : Problem Based Learning, learning outcomes Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelasIV SDN Getasan melalui model problem based learning berbantuan media gambar. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalam dua siklus dimana masing-masing siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD NegeriGetasan dengan jumlah siswa 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14siswa laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan modelpembelajaran problem based learning berbantuan media gambar ketuntasan pada siklus Isebesar 84% atau 21 siswa dan siklus II sebesar 100% atau 25 siswa. Frekuensipeningkatan ketuntasan belajar yaitu prasiklus 17 siswa, siklus I menjadi 21 siswa, dansiklus II menjadi 25 siswa dengan persentase prasiklus 68%, siklus I 84%, dan siklus II100%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 68,4 kemudian tindakan pada siklusI meningkat menjadi 71,6 dan pada siklus II menjadi 81. Hal ini terjadi karena siswa aktifdan berperan langsung dalam mangamati dan menganalisis secara langsung padagambar, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learningberbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IVSDN Getasan. Kata-kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar