Pemanfaatan Model Pembelajara Think Pair Share Dan Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lesson Study Di Sekolah Dasar

Main Authors: Setiawan, Heri, Aji, Styo Mahendra Wasita, Aziz, Abdul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM-Universitas Negeri Jakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/12913
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/12913/7793
Daftar Isi:
  • Abstrak : Pembelajaran merupakan upaya untuk mencipatakan kondisi yang kondusif agar siswabelajar. Perubahan kurikulum yang ada di Indonesia memberikan paradigma baru perkembanganpembelajaran. Pembelajaran pada sekolah dasar sekarang menggunkan pola pengorganisasian isipembelajaran tematik terpadu pada semua jenjang kelas di seolah dasar. Guna memperkuatpelaksanaan pembelajaran dapat dimanfaatkan berbagai model pembelajaran diantaranya modelthink-pair-share dan snowball trhowing serta pendekatan lesson study.Tujuan dari artikel ini yaitumengkaji tentang pemanfaatan model pembelajaran think-pair-share dan snowball throwing padapembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar dan pengembangan pembelajarannya dengan berbasispada lesson study. Model-model pembelajaran dan lesson study dapat dimanfaatkan untukmeningkatkan kualitas pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
  • Abstract:. Learning is an effort to create conducive conditions for students to learn. Changes to theexisting curriculum in Indonesia provide a new paradigm of learning development. Learning inelementary schools now uses a pattern of organizing integrated thematic learning content at allgrade levels as if it were elementary. To strengthen the implementation of learning, various learningmodels can be utilized including think-pair-share and snowball trhowing and lesson studyapproaches. The purpose of this article is to examine the use of think-pair-share and snowballthrowing learning models in integrated thematic learning in elementary schools and the developmentof learning based on lesson study. Learning models and lesson study can be utilized to improve thequality of integrated thematic learning in elementary schools.