PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI

Main Author: ARRIANI, FARAH
Format: Article info Journal
Terbitan: Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini , 2014
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3589
Daftar Isi:
  • The objective of this research was to get a clear description about aggressive behaviorof early children who come from low class family. The research also look for things that stimulatethe aggressive behavior in school, teacher strategies and the cooperation form between schoolsand the parents.The research involoved five students of kindergarten group A, and the researchcarried out by using case study methods, the data analysis and interpretation indicates that (1) thetype of childrenâ€TMs aggressive behavior are physical aggression, outburst, verbal and indirectaggression.(2) The causes of childrenâ€TMs aggressive behavior are the identification of memberfamily behavior, immediate environment which is less conducive. (3) the strategies applied by theteacher to handle the behavior are by using models, refraction, punishment and reward, calmingthe children, and making them talking about their feelings, (4) The data also show that there is nospecific cooperation between school and the parents to overcome the problems. Keywords: Aggressive Behavior, Early Chilhood, Teacher Strategies Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai perilaku agresifpada anak usia dini yang berasal dari keluarga strata ekonomi bawah, hal-hal yang menstimulasiperilaku agresif di sekolah serta bagaimana strategi guru serta bentuk kerjasama yang dilakukanoleh sekolah dan orangtua dalam mengatasi perilaku agresif. Penelitian ini melibatkan lima orangsiswa dari kelompok A, dan penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data diperolehmelalui interview, observasi dan studi dokumen. Berdasarkan hasil analisis data dapatdiinterpretasikan bahwa: (1) bentuk perilaku agresif anak terdiri dari agresi fisik, agresi meledak,agresi lisan, dan agresi tidak langsung; (2) penyebab perilaku agresif anak terdiri dari identifikasiterhadap anggota keluarga yang memilki perilaku agresif atau kekerasan, lingkungan sekitar yangkurang kondusif; (3) strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi perilaku agresif anakadalah dengan menggunakan keteladanan, pembiasaan, punishment dan reward, menenangkananak dan menanyakan pada anak mengenai perasaan anak-anak; (4) Hasil penelitian jugamenunjukkan tidak ada kerjasama khusus yang dijalin antara sekolah dan orang tua untukmengatasi masalah perilaku agresif anak. Kata Kunci: Perilaku Agresif, Anak Usia Dini, Strategi Guru.