Formulasi Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. X)

Main Authors: Sutarti, Sutarti, Rosita, Siti Ita
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan , 2012
Subjects:
Online Access: http://jurnal.stiekesatuan.ac.id/index.php/jir/article/view/48
Daftar Isi:
  • Dari hasil penelitian dan matrik IFAS perusahaan mendapat nilai skor 2.882 perusahaan memiliki kekuatan yang tergolong sedang (rata-rata) dalam melakukan formulasi strategi pelayanannya. Sedangkan dari matrik EFAS perusahaan memperoleh nilai skor 2.663 angka ini menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh perusahaan kepada lingkungan eksternalnya tergolong sedang. Apabila masing - masing total nilai skor dipetakan dalam matriks, maka posisi perusahaan saat ini adalah pada kotak kuadran ke V (lima) yang berarti posisi perusahaan dapat mengembangkan formulasi startegi yang telah ada hanya menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan (weakness) perusahaan. Dalam analisis pengendalian persediaan barang, penulis menggnakan rmus EOQ (Economic Order Quantity), Safety Stock dan Reoreder Point. Sebelum menggunakan rumus EOQ pemesanan dilakukan sebanyak 8 kali dalam satu periode dengan biaya pemesanan Rp. 3.030.000, setiap kali pesan sebanyak 10.000 karton dengan harga perkartonnya Rp. 156.000. Dengan biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam persentase (%) yaitu 0.01 atau 1 %. Sedangkan setelah menggunakan rumus EOQ, pemesanan cukup dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu periode dan setiap kali pesan sebanyak 17.629 karton. Berarti perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 1.888.378.760,- Keywords: Strategi Pemasaran; Customer Service.