INAPPROPRIATNESS SCORE BASED ON ITEM RESPONSE THEORY

Main Author: SANTOSO, BUDI
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN , 2011
Subjects:
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/2257
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/2257/1753
Daftar Isi:
  • The objective of this research is to compare inappropriateness based on Item response theory as an effect of using model of scoring and number of options for multiple choice items. The research method used quasi experiment. Independent variable of this research are Correct Score (CS), punishment score (PS), and Reward Score (RS). And also three and five option multiple choice items. To see this comparison, the proportions of fair score are compared by using gZ index. For the student corrected by CS model compared between the group who answer three choice item and group who answer five choice item. While for group of student doing test with a five choice item compared between the couple of CS, PS and RS. The result of this research indicate that for low ability (q <- 1) student, the use of CS model for student who answer a five choice item compared has more fair score than students who answer a three choice item. But for high ability (q > 1) students there are no difference fair score among the two groups. For the students who answer a five choice item, indicate that for high ability student, the use of PS and RS model have more fair score compare with CS model, but for PS model does not yield fair score difference compare with RS model. Meanwhile for low ability student there is no difference in fair score among the use of three models of scoring.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan ketidakwajaran skor berdasarkan Teori Responsi Butir ditinjau dari penggunaaan model penskoran dan jumlah pilihan jawaban pada tes pilihan ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Variabel independen penelitian ini adalah model penskoran yang terdiri atas model penskoran jawaban benar (correct score), penskoran hukuman (punishment score), dan penskoran hadiah  (reward score). Variabel independen lainnya adalah tes pilihan ganda dengan tiga pilihan dan lima pilihan jawaban. Untuk melihat perbandingan ini, peneliti membandingkan proporsi skor wajar yang dihitung menggunakan  indeks kewajarangZ. Untuk siswa yang dikoreksi menggunakan model CS dibandingkan antara siswa yang menjawab tes dengan lima pilihan dan tiga pilihan.  Untuk siswa yang mengerjakan tes lima pilihan dibandingan antara kelompok yang dikoreksi menggu-nakan CS, PS dan RS secara berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk siswa dengan kemampuan rendah (q <- 1), penggunaan model CS untuk siswa yang menjawab tes lima pilihan mempunyai skor yang lebih wajar dibandingkan dengan siswa yang mengerjakan tes tiga pilihan. Tetapi untuk siswa dengan kemampuan tinggi (q > 1) menunjukkan tidak ada perbedaan skor wajar diantara dua kelompok tersebut. Untuk siswa yang mejawab tes lima pilihan, hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk siswa dengan kemampuan tinggi, siswa yang dikoreksi menggunaan model penskoran PS dan RS memiliki skor yang lebih wajar dibandingkan siswa yang dikoreksi menggunakan model CS. Tetapi untuk penskoran PS dibandingkan penskoran RS menghasilkan proporsi skor wajar yang tidak berbeda. Untuk siswa dengan kemampuan rendah ketiga model penskoran menghasilkan skor wajar yang tidak berbeda diantara ketiga model penskoran tersebut.