E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi

Main Authors: Syahrial, Asrial, Kurniawan, Dwi Agus, Piyana, Suci Okta
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Jakarta , 2019
Subjects:
TIK
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/11030
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/11030/7616
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar dalam bentuk modul elektronik dengan menggunakan aplikasi software 3D Pageflip Professional untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian dalam penelitian ini pada angket Persepsi menperoleh frekuensi sebanyak 25 siswa dengan persentase 100% dalam kategori cukup. Untuk angket minat mendapatkan frekuensi sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 80% dalam kategori baik. Sementara untuk angket motivasi diperoleh frekuensi sebanyak 25 siswa dengan persentase sebesar 100% dalam kategori baik. Dari data yang dihasilkan menunjukkan bahwa modul elektronik etnokontruktivisme berbasis software 3D Pageflip Professional yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.