E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi
Main Authors: | Syahrial, Asrial, Kurniawan, Dwi Agus, Piyana, Suci Okta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Jakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/11030 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/11030/7616 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar dalam bentuk modul elektronik dengan menggunakan aplikasi software 3D Pageflip Professional untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian dalam penelitian ini pada angket Persepsi menperoleh frekuensi sebanyak 25 siswa dengan persentase 100% dalam kategori cukup. Untuk angket minat mendapatkan frekuensi sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 80% dalam kategori baik. Sementara untuk angket motivasi diperoleh frekuensi sebanyak 25 siswa dengan persentase sebesar 100% dalam kategori baik. Dari data yang dihasilkan menunjukkan bahwa modul elektronik etnokontruktivisme berbasis software 3D Pageflip Professional yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.