PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Main Author: rahmi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/13295
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/13295/7932
Daftar Isi:
  • Abstrak—Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk melihat pengaruh model pembelajaran  PBL berbasis kontestual terhadap kemampuan berpikir kraetif dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidkan biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs, Desain penelitian  menggunakan one Group Pretest-posttest.  Untuk variabel bebas yaitu  model PBL dan terikat kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar. Uji normalitas Pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan analisis parametrik. Untk kemampuan berpikir kreatif didapat untuk Pretests - posttest nilai probalitas (sig.2.tailed) = 0,073 > 0,005 dikatakan berdisribusi  normal. Untuk hasil belajar Pretest-posttest didapat probabilitas  (sig.2.tailed) = 0,062 > 0,005 dikatakan berdistibusi normal. Teknik analisis uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0.05 menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample test) hasil output diperoleh nilai thitung = -2.0881. kaidah terdapat pengaruh model PBL dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berfikir kreatif