PENGARUH TEKNIK PERMAINAN †̃PASS THE COMPLIMENTâ€TM DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SELFESTEEM SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas III SDN Jatinegara 10 Pagi Jakarta Timur)
Main Authors: | Januarty, Sillvy, Mamesah, Michiko, Hanim, Wirda |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Jakarta
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/2355 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/2355/1808 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan †̃pass the complimentâ€TM dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas III SDN Jatinegara 10 Pagi.Metode penelitian berupa Kuasi Eksperimen dengan desain one group pre test-post test, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen self-esteem, instrumen dikembangkan oleh peneliti mengacu pada teori Natanhiel Branden.Sampel penelitian ini ialah siswa kelas IIIA SDN Jatinegara 10 Pagi yang memiliki self-esteem dengan kategori rendah, sejumlah enam siswa.Hasil uji hipotesis menggunakan teknik Wilcoxon Match Pair Test, menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.028, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terjadi peningkatan self-esteem siswa kelas IIIA SDN Jatinegara 10 Pagi secara signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan †̃pass the complimentâ€TM.Skor gain ternormalisasi self-esteem keenam responden adalah 0,44. Artinya, teknik permainan †̃pass the complimentâ€TM berpengaruh cukup sedang dalam peningkatan self-esteem keenam responden.