PENERAPAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK MODELING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PILIHAN SEKOLAH LANJUTAN (SMA/SMK/ MADRASAH ALIYAH) SMPN 281 JAKARTA (KELAS VIII-D)

Main Authors: Wibisono, Tangguh, Siwabessy, Louise B, Idris, Fahmi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Bimbingan dan Konseling , 2016
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1719
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1719/1386
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian menggunakan metode model yang sesuai untuk membantu siswa dalan memilih sekolah lanjutan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 281 Jakarta, pengambilan sampel dimulai bulan September 2012 – Januari 2013. Metode penelitian yang digunakan eksperimen, dan teknik cluster sampling design pra eksperimen dengan model pre-post test one group. Tes dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan, dengan memberikan tes pemahaman berbentuk pilihan ganda. Tes dipakai untuk mengetahui pemahaman siswa dan pembentukan perilaku. Instrumen diuji coba kepada responden dan di validitas dan reliabilitas. Implikasi. penelitian penerapan pendekatan behavioral teknik modeling pada pemahaman siswa dalam pilihan sekolah, cukup signifikan. Kesimpulan, pendekatan behavioral teknik modeling sebagai cara memberi arahan untuk pemahaman siswa dalam pilihan sekolah lanjutan. Disarankan menggunakan teknik modeling pada layanan bimbingan konseling sekolah untuk pemahaman dasar pembentukan perilaku dan pilihan sekolah lanjutan