Pengembangan Video Tutorial Mengenai Strategi Problem Focused Coping Pada Stres Akademik dalam Menghadapi Ujian untuk Peserta Didik Kelas X SMA Labschool Rawamangun Jakarta
Main Authors: | Hanim, Wirda, Nisa, Janatan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Jakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/10666 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/10666/8305 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial mengenai strategi problem focused coping pada stres akademik dalam menghadapi ujian. Metode penelitian yang digunakan adalah riset dan pengembangan. Prosedur pengembangan media dilakukan melalui : (1) Tahap studi pendahuluan, mencakup studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan, merancang media dalam tiga bagian, diantaranya menyusun materi, membuat naskah dan menyiapkan storyboard, pembuatan dan editing video. Hasil penelitian ini adalah : (1) Produk berupa DVD berdurasi 18 menit dengan ukuran 2 Gb. (2) Desain video tutorial yang memuat lima teknik strategi problem focused coping pada stres akademik dalam menghadapi ujian (3). Evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menghasilkan persentase masing-masing sebesar 90.90% dan 93.18%. Hasil uji coba terbatas pada 10 peserta didik menghasilkan persentase sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa video tutorial yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak.