PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET

Main Author: Fadlan, Muhammad Noer
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Jakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/10319
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/10319/6659
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran latihan dan metode pembelajaran bermain serta motivasi belajar terhadap hasil dribbling bola basket. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI (Sebelas) di SMA Kartika I-1 Medan. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 64 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil belajar dribbling menggunakan metode pembelajaran latihan (A1) lebih tinggi dari nilai metode pembelajaran bermain (A2) di SMA Kartika I-1 Medan (2). Terdapat interaksi antara Metode Pembelajaran (A) dan Motivasi Belajar (B)  terhadap hasil belajar dribbling bola basket di SMA Kartika I-1 Medan (3).Nilai hasil belajar dribbling bola basket menggunakan metode pembelajaran latihan pada siswa dengan motivasi belajar tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai dribbling menggunakan metode pembelajaran bermain pada siswa dengan motivasi belajar tinggi (A2B1) di SMA Kartika I-1 Medan.(4) Nilai hasil dribbling menggunkan metode pembelajaran latihan pada siswa motivasi belajar rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai dribbling dengan metode pembelajaran bermain pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah(A2B2) di SMA Kartika I-1 Medan. Kata kunci: Metode Pembelajaran,  Latihan, Bermain dan Dribbling Bola Basket