AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Main Authors: Jayusman, Iyus, Shavab, Oka Agus Kurniawan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Sejarah , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf
ctrlnum article-3180
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH</title><creator>Jayusman, Iyus</creator><creator>Shavab, Oka Agus Kurniawan</creator><subject lang="en-US">Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran Edmodo; Learning Management System</subject><description lang="en-US">Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada mata kuliah Sejarah Islam di Indonesia di semester genap tahun ajaran 2018/2019 bahwa aktivitas belajar mahasiswa masih terlihat rendah yang ditunjukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah sebagian besar kurang memperhatikan jalannya kegiatan pembelajaran dan mengacuhkannya, seperti mengobrol, main handphone, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. penelitian deskriptif yaitu, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Aktivitas belajar siswa yang muncdxsilkan dari lembar observasi siswa yang meliputi beberapa indikator yang telah mampu mencapai indikator-indikator aktivitas belajar tersebut yang menghasilkan 1) Indikator &#xA0;Visual dengan hasil presentase sebesar 85,3%, 2) Indikator Listening&#xA0; dengan hasil presentase sebesar 82,4%, 3) Indikator Oral dengan hasil presentase sebesar 77,5% 4) Indikator Writing dengan presentase sebesar 88,2 %, 5) Indikator Mental dengan hasil presentase sebesar 80,9 &amp;%., dan 6) Indikator Emosional dengan hasil presentase sebesar 76,5 %. Jumlah ke enam indikator tersebut dapat diakumulasikan dengan hasil presentase sebesar 81,8 % termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Sejarah</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180</identifier><identifier>10.25157/ja.v7i1.3180</identifier><source lang="en-US">Jurnal Artefak; Vol 7, No 1 (2020): April; 13 - 20</source><source>2580-0027</source><source>2355-5726</source><language>ind</language><relation>https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Jurnal Artefak</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0</rights><recordID>article-3180</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Jayusman, Iyus
Shavab, Oka Agus Kurniawan
title AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
publisher Program Studi Pendidikan Sejarah
publishDate 2020
topic Aktivitas Belajar
Media Pembelajaran Edmodo
Learning Management System
url https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf
contents Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada mata kuliah Sejarah Islam di Indonesia di semester genap tahun ajaran 2018/2019 bahwa aktivitas belajar mahasiswa masih terlihat rendah yang ditunjukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah sebagian besar kurang memperhatikan jalannya kegiatan pembelajaran dan mengacuhkannya, seperti mengobrol, main handphone, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. penelitian deskriptif yaitu, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Aktivitas belajar siswa yang muncdxsilkan dari lembar observasi siswa yang meliputi beberapa indikator yang telah mampu mencapai indikator-indikator aktivitas belajar tersebut yang menghasilkan 1) Indikator Visual dengan hasil presentase sebesar 85,3%, 2) Indikator Listening dengan hasil presentase sebesar 82,4%, 3) Indikator Oral dengan hasil presentase sebesar 77,5% 4) Indikator Writing dengan presentase sebesar 88,2 %, 5) Indikator Mental dengan hasil presentase sebesar 80,9 &%., dan 6) Indikator Emosional dengan hasil presentase sebesar 76,5 %. Jumlah ke enam indikator tersebut dapat diakumulasikan dengan hasil presentase sebesar 81,8 % termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.
id IOS4455.article-3180
institution Universitas Galuh Ciamis
institution_id 1236
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Galuh
library_id 1087
collection Jurnal Artefak
repository_id 4455
subject_area Jurnal Artefak
Artefak
History and Education
city CIAMIS
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4455
first_indexed 2020-05-05T13:40:40Z
last_indexed 2020-09-24T20:05:17Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686424492081938432
score 17.538404