AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Main Authors: | Jayusman, Iyus, Shavab, Oka Agus Kurniawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Sejarah
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf |
ctrlnum |
article-3180 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH</title><creator>Jayusman, Iyus</creator><creator>Shavab, Oka Agus Kurniawan</creator><subject lang="en-US">Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran Edmodo; Learning Management System</subject><description lang="en-US">Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada mata kuliah Sejarah Islam di Indonesia di semester genap tahun ajaran 2018/2019 bahwa aktivitas belajar mahasiswa masih terlihat rendah yang ditunjukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah sebagian besar kurang memperhatikan jalannya kegiatan pembelajaran dan mengacuhkannya, seperti mengobrol, main handphone, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. penelitian deskriptif yaitu, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Aktivitas belajar siswa yang muncdxsilkan dari lembar observasi siswa yang meliputi beberapa indikator yang telah mampu mencapai indikator-indikator aktivitas belajar tersebut yang menghasilkan 1) Indikator  Visual dengan hasil presentase sebesar 85,3%, 2) Indikator Listening  dengan hasil presentase sebesar 82,4%, 3) Indikator Oral dengan hasil presentase sebesar 77,5% 4) Indikator Writing dengan presentase sebesar 88,2 %, 5) Indikator Mental dengan hasil presentase sebesar 80,9 &%., dan 6) Indikator Emosional dengan hasil presentase sebesar 76,5 %. Jumlah ke enam indikator tersebut dapat diakumulasikan dengan hasil presentase sebesar 81,8 % termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Sejarah</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180</identifier><identifier>10.25157/ja.v7i1.3180</identifier><source lang="en-US">Jurnal Artefak; Vol 7, No 1 (2020): April; 13 - 20</source><source>2580-0027</source><source>2355-5726</source><language>ind</language><relation>https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Jurnal Artefak</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0</rights><recordID>article-3180</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Jayusman, Iyus Shavab, Oka Agus Kurniawan |
title |
AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH |
publisher |
Program Studi Pendidikan Sejarah |
publishDate |
2020 |
topic |
Aktivitas Belajar Media Pembelajaran Edmodo Learning Management System |
url |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf |
contents |
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada mata kuliah Sejarah Islam di Indonesia di semester genap tahun ajaran 2018/2019 bahwa aktivitas belajar mahasiswa masih terlihat rendah yang ditunjukan oleh mahasiswa pendidikan sejarah sebagian besar kurang memperhatikan jalannya kegiatan pembelajaran dan mengacuhkannya, seperti mengobrol, main handphone, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. penelitian deskriptif yaitu, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Aktivitas belajar siswa yang muncdxsilkan dari lembar observasi siswa yang meliputi beberapa indikator yang telah mampu mencapai indikator-indikator aktivitas belajar tersebut yang menghasilkan 1) Indikator Visual dengan hasil presentase sebesar 85,3%, 2) Indikator Listening dengan hasil presentase sebesar 82,4%, 3) Indikator Oral dengan hasil presentase sebesar 77,5% 4) Indikator Writing dengan presentase sebesar 88,2 %, 5) Indikator Mental dengan hasil presentase sebesar 80,9 &%., dan 6) Indikator Emosional dengan hasil presentase sebesar 76,5 %. Jumlah ke enam indikator tersebut dapat diakumulasikan dengan hasil presentase sebesar 81,8 % termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. |
id |
IOS4455.article-3180 |
institution |
Universitas Galuh Ciamis |
institution_id |
1236 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Galuh |
library_id |
1087 |
collection |
Jurnal Artefak |
repository_id |
4455 |
subject_area |
Jurnal Artefak Artefak History and Education |
city |
CIAMIS |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4455 |
first_indexed |
2020-05-05T13:40:40Z |
last_indexed |
2020-09-24T20:05:17Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686424492081938432 |
score |
17.538404 |