PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II MIS HI. AHMAD SYUKUR DARUBA KABUPATEN PULAU MOROTAI
Main Author: | Ismail, Julia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2020
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/653 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/653/440 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa dengan menggunakan media cerita bergambar siswa kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba, tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 12 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah Wali Kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cerita bergambar. Desain penelitian mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut model Jhon Elliot, dalam Maryam B. Gainau (2016:82) yang meliputi: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tes, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan proses membaca nyaring siswa. Hal ini ditujukkan dari nilai rata-rata kelas kemampuan membaca nyaring dari siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 9 orang (42%) dari jumlah keseluruhan (21 siswa), sementara 12 siswa (57%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (38%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 17 siswa (80%) dan yang belum berhasil 4 siswa (19%).