PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Main Authors: Saputra, Eris Wijaya, Yohana, Yohana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2019
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/645
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/645/425
Daftar Isi:
  • Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk mata pelajaran matematika di kelas IV semester I. Jenis penelitian  adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik analisi data melalui teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sugihan 01 sebanyak 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikethui bahwa: peningkatan hasil belajar matemtaika sebesar 68% siswa tuntas pada siklus I dan 91% siswa tuntas pada siklus II. Keaktifan belajar siswa dari siklus I sebesar 82% dengan kategori sangat aktif dan aktif pada siklus I, meningkat menjadi 100% siswa dengan kategori sangat aktif dan aktif pada siklus II. Telah terbukti bahwa model pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika.