PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES TAWAKALI KECAMATAN MOROTAI UTARA
Main Authors: | Ismail, Julia, Tutuarima, Jebhyns |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2019
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/577 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/577/378 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V semester I SD Inpres Tawakali Kecamatan Morotai Utara yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa, hal tersebut terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar mencapai 46,6% dengan presentase tuntas belajar klasikal 24% nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 75,68%. Presentase klasikal pun meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok mendengar cerita pendek di kelas V SD Inpres Tawakali Kecamatan Morotai Utara.