PENERAPAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD GMIH L.O.C KABUPATEN PULAU MOROTAI
Main Author: | Salim, M Rais |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2019
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/572 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/572/375 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan pada siswa kelas III SD GMIH L.O.C, dengan jumlah keseluruhan 16 siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas III SD GMIH L.O.C. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 5 orang (31,25%) dari jumlah keseluruhan (16 siswa), sementara 11 siswa (68,75%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (65%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 13 siswa (81,25%) dan yang belum berhasil 3 siswa (18,75%). Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode story telling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi “Menulis Karangan Bebas”.