PENERAPAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD GMIH L.O.C KABUPATEN PULAU MOROTAI

Main Author: Salim, M Rais
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2019
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/572
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/572/375
Daftar Isi:
  • Penelitian  tindakan kelas (PTK) yang digunakan pada siswa kelas III SD GMIH L.O.C, dengan jumlah keseluruhan 16 siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas III SD GMIH L.O.C.  Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 5 orang (31,25%) dari jumlah keseluruhan (16 siswa), sementara 11 siswa (68,75%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (65%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 13 siswa (81,25%) dan yang belum berhasil 3 siswa (18,75%).  Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode story telling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi “Menulis Karangan Bebas”.