UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR
Main Author: | Sulistyowati, Retno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2017
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/57 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/57/19 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam mengajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa pasif dalam menerima materi. Hal ini menjadikan pembelajaran berlangsung tidak efektif, siswa kurang antusias dan kurang konsentrasi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan dengan media gambar siswa kelas 5 SD N Tlompakan 01 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus setiap siklusnya ada tiga pertemuan.Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan perbandingkan prasiklus, siklus I dan siklus II. Perbandingan proses aktivitas guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus I mencapai 55% dari kondisi awal yang mencapai 29.41%, kemudian meningkat ke siklus II mencapai 67.5%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa yaitu melalui rata-rata hasil belajar IPS prasiklus adalah 59.06, kemudian siklus I 65, kemudian siklus II adalah 85.93.Berdasarkan analisis dan pembahasan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas 5.