HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS AL-MUASYARAH BOGOR

Main Authors: Poetri, Maulidia, Bahruddin, E.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2019
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/557
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/557/355
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang hubungan kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs Al-Muasyarah Bogor, 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa di MTs Al-Muasyarah Bogor, 3) Untuk mengetahui hubungan kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muasyarah Bogor pada tanggal 18 Maret 2019 sampai dengan 10 April 2019. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muasyarah Bogor. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara random. Hasil penelitian ini yaitu: 1)Kemampuan membaca Al-Qur’an tergadap prestasi belajar mendapatkan nilai korelasi 0,480, 2)Kemampuan menulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mendapatkan nilai korelasi 0,536, dan 3)Kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mendapatkan nilai korelasi 0,453. Terdapat hubungan antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor sebesar 0,453. Keeratan hubungan termasuk pada tahapan sedang karena pada rentang 0,40-0,599.