PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Main Author: Mardjuki, Aloysius
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2019
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/473
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/473/271
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Prolem Based Learning, Example dengan mata pelajaran Matematika. Serta untuk menemukan pengaruh yang mempengaruhi pembelajaran hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMK. Subjek dari Penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 7 Surabaya. Jenis penelitian ini yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain ini Penelitian ini adalah rancangan desain faktoral 2 X 2, total sample penuh dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini diperoleh dengan data sebagai berikut: skor tertinggi motivasi tinggi yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Skor max 79,52 model pembelajaran Prolem based learning adalah 79,52, skor maxnimal 73,56. Skor minimum model pembelajaran Example Non Example 76,13. Hasilnya adalah peningkatan signifikan model pembelajaran Prolem based learning, Example Non Example.