MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 135911 KOTA TANJUNGBALAI

Main Author: Nurlela, Nurlela
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2018
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/451
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/451/266
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Example non example pada siswa kelas V SD Negeri 135911 Kota Tanjungbalai. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 135911 Kota Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran mengarang  dengan menggunakan metode Example non example pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V, memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Siklus I sebanyak 56,66% dan siklus II sebanyak 93,33%, sehingga dalam hal ini dinyatakan berhasil.