DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG

Main Authors: Febriani, Alvi, Mampouw, Helti Lygia, Setyadi, Danang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2018
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/435
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/435/237
Daftar Isi:
  • Proses berpikir tingkat tinggi tidak hanya mengetahui suatu informasi tetapi mampu melibatkan kemampuan untuk menganalisis informasi, menemukan pokok–pokok pikiran, membuat hipotesis, menarik kesimpulan serta menghasilkan suatu solusi yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal Peluang. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa SMP yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa berkemampuan tinggi sudah memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Siswa berkemampan sedang sudah mampu memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, tetapi belum mampu memenuhi indikator mengkreasi. Siswa berkemampuan rendah sudah mampu memenuhi indikator menganalisis, tetapi belum mampu memenuhi indikator mengevaluasi dan mengkreasi.