PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Main Author: | Hasanah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2018
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/424 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/424/214 |
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan mengingat proses pembelajaran selama ini lebih kepada Teacher Center bukan Student Center, pada umumnya guru siap mentransferkan ilmunya dan siswa harus menerimanya, untuk itu perlu ada altematif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw membuat siswa untuk belajar lebih kritis dan terampil menyelesaikan masalah, serta dapat memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran dengan menekankan pada pemberian tugas kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018 pada pokok bahasan sistem ekskresi dalam 2 siklus masing-masing 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan Sistem Ekskresi di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Cikalongwetan tahun ajaran 2017/2018. Untuk keaktifan berdiskusi terjadi peningkatan 10,92%. Model Pembelajaran ini juga meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal. Peningkatannya sebesar 2,70% dan terjadi peningkatan sebesar 14,75% dari pra PTK ke pasca PTK. Tidak hanya itu, model pembelajaran tipe Jigsaw ini juga meningkatkan minat siswa sebesar 21,91%.