PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 CIRUAS

Main Authors: Umayah, Yayah, Evendi, Hanif
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2018
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/418
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/418/210
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pemecahan masalah peserta didik pada materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV)  melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di kelas VIII Smpn 1 Ciruas. Objek penelitian terdiri dari 29 siswa, dan dilaksanakan dengan menjalin kemitraan atau kolaboratif dengan rekan guru lain sebagai observer. Data yang dikumpulkan data kuantitatif dengan pengolahan data statistik sederhana dan data kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan Model John Elliot dimana pelaksanaannya dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan dari siklus I  menunjukkan bahwa hanya  14 siswa atau 49 % siswa saja yang mencapai nilai 50-100  dan rata – rata dalam pemecahan masalah  satu kelas 59,13 % sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 74,14 % dan terdapat 25 atau 86 %  siswa yang mencapai nilai 50-100  . Hal ini berdasarkan pada perolehan hasil belajar selama penelitian berlangsung.