SIMULASI KELAINAN HIPERMETROPIA YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA JEMBAR BANDUNG TAHUN 2018

Main Author: Rohayati, Rohayati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2018
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/387
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/387/178
Daftar Isi:
  • Kelainan pada penglihatan akan menjadi suatu hambatan bagi seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan mewujudkan cita-citanya. Diantara kelainan-kelainan pada mata, hipermetropia merupakan kelainan refraksi terbanyak urutan ke-2 setelah kelainan refraksi myopia (rabun jauh) yang dating berobat ke Poliklinik Mata. Pada anak-anak yang memiliki kelainan refraksi ditemukan 25% mereka tidak mampu menunjukan performa yang maksimal dalam bidang akademik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengalami kelainan refraksi. Tujun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari Simulasi Kelainan Hipermetropia yang berhubungan dengan Kinerja Akademik siswa di Sekolah Dasar Jembar Bandung tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif analitik dengan sampel sebanyak 30 siswa Sekolah Dasar Swasta Jembar Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan Simulasi Hipermetropia dengan Kinerja Akademik (membaca, menulis, dan menggambar) dengan nilai ρ = 0.000 < 0,05. Hipermetropia berat yang dinyatakan tidak bisa dalam kinerja akademik sebanyak 28 responden (93,3%).