PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Main Author: | Styaningrum, devri Yunia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2018
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/302 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/302/131 |
Daftar Isi:
- Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Lerning(PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SD Negeri Mangunsari 05. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Mangunsari 05 Salatiga. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis siswa yang ini ditunjukkan dengan hasil evaluasi soal berpikir kritis siswa pada evaluasi yang mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara mengalami peningkatan, ketuntasan awal pra siklus 44% saja, setelah siklus I presentase ketuntasan meningkat menjadi 70%. Setelah dilaksanakan Siklus II presentase ketuntasan menjadi 90%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir krtitis siswa pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar.