PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: Rahmiati, Dra
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2018
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/282
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/282/107
Daftar Isi:
  • Dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Lhokseumawe, penulis menemukan dua permasalahan yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Pertama, kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran belum memuaskan dan kurangnya rangsangan siswa untuk melakukan latihan-latihan atau mengulangi materi pelajaran yang baru didapat di sekolah atau sekaligus mencoba ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya serta membiasakan diri siswa mengisi waktu luangnya di luar jam pelajaran. Penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Quipper School (QS). Quipper School adalah sebuah platform online gratis untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru dan LEARN untuk siswa. Quipper School Link adalah tempat di mana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Quipper School Learn adalah tempat di mana siswa belajar. Penggunaan Quipper School mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Selain itu, penggunaan Quipper School terbukti dapat (a) memberikan kesempatan pada siswa untuk mengulang tugas yang diberikan guru sehingga nilai mereka mencapai 100 % (b) menjadi pemicu semangat siswa untuk mendapat nilai 100 (c) mendorong siswa lebih rajin mengerjakan tugas (d) mampu menarik perhatian siswa lain untuk belajar online.