ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Main Author: WARDANI, GISTA AYU KUSUMA
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2017
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/212
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/212/93
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel yang ditinjau berdasarkan gender bagi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Proses metakognisi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap mengembangkan perencanaan, monitoring pelaksanaan dan evaluasi tindakan. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang terdiri 3 siswa perempuan  dengan kemampuan matematika tinggi (SPT), kemampuan matematika sedang (SPS), kemampuan matematika rendah (SPR) dan 3 siswa laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi (SLT), kemampuan matematika sedang (SLS), kemampuan matematika rendah (SLR). Hasil penelitian menunjukkan proses metakognisi SPT meliputi mengembangkan perencanaan, monitoring pelaksanaan, evaluasi tindakan. Proses metakognisi SPS dan SLT meliputi mengembangkan perencanaan, beberapa monitoring pelaksanaan, sedikit evaluasi tindakan. Proses metakognisi SPR dan SLS meliputi mengembangkan perencanaan, sedikit monitoring pelaksanaan, sedikit evaluasi tindakan. Proses metakognisi SLR meliputi sedikit mengembangkan perencanaan.