PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DIPADUKAN DENGAN METODE NHT
Main Author: | Sari, Indri Puspita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kresna Bina Insan Prima
, 2017
|
Online Access: |
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/112 http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/112/50 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan model Problem Solving dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Jetak 01 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan non tes (observasi).Teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan peningkatan hasil belajar, pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dari pertemuan pertama sampai ketiga meningkat yaitu 85% ke 92% dan mencapai 100%. Pada siklus II sebanyak 92%, 92% dan mencapai 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I pertemuan pertama sampai ketiga meningkat sebanyak 77% ke 85% dan mencapai 92%. Pada siklus II sebanyak 85% ke 92%. dan mencapai 92%. Hasil belajar siswa meningkat dari kondisi awal sampai siklus II dengan ketuntasan sebanyak 14 siswa menjadi 20 siswa dan mencapai 26 siswa dengan presentase 54% naik 77% dan mencapai 100% dengan rata-rata 60 naik 66,3dan mencapai 83,07. Selain meningkatkan hasil belajar juga meningkatkan keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapat, menjawab pertanyaan dari guru dan menumbuhkan minat belajar siswa dengan pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Problem Solving dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA.