KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS

Main Author: Putro, Hendri Isyuliyanto
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2017
Online Access: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/102
http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/102/44
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi dari model pembelajaran xample non Example dilihat dari hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Gugus Gunung Sumbing. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4A SD Negeri 3 Sukorejo (SD Inti)  dan SD Negeri 1 Karanganyar (SD Imbas dekat) sebagai kelompok eksperimen 1 kemudian siswa kelas 4B SD Negeri 3 Sukorejo  (SD Inti) dan SD Negeri 2 Karangkendal (SD Imbas Jauh) sebagai kelompok eksperimen 2. Dalam penelitian ini variabelnya adalah model pembelajaran Picture and Picture dan Example non Example sebagai variabel bebas kemudian hasil belajar sebagai variabel terikat, dan pretest sebagai variabel kovariat. Pengumpulan  data menggunakan lembar observasi dan instrumen soal tes. Teknik analisis data pada hasil penelitian ini menggunakan teknik diskriptif dan teknik stastistik ANCOVA. Dari uji ANCOVA yang sudah dilakukan terhap skor posttest kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diperoleh hasil uji F hitung sebesar 77,331, pada taraf signifikansi/probaliatas 0,00 kerena nilai probalitas < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maknanya hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SDN Gugus Gunung Sumbing dalam penerapan pembelajaran model Picture and Picture lebih tinggi dari pada Example non Example. Hasil belajar IPS yang signifikan didukung dengan rata-rata dari dua sampel penelitian, dari hasil belajar penerapan model Picture and Picture memperoleh rata-rata 80,48 sedangkan rata-rata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Example non Example memperroleh rata-rata 72,50. Artinya adalah pemberian treatment pembelajaran dengan model Picture and Picture memberikan dampak pada hasil belajar yang lebih tinggi dan berbeda dari model pembelajaran Example non Example. Saran dari penulis semoga diterima dan berkenan dengan hasil penelitian ini adalah guru dapat memilih model pembelajaran yang terbukti meningkatkan hasil belajar IPS secara signifikan.