PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH SEDERAJAT

Main Author: septia, fandy
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan S1 & D3 Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta , 2019
Subjects:
4D
Online Access: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249/7857
ctrlnum article-13249
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH SEDERAJAT</title><creator>septia, fandy</creator><subject lang="en-US">Peneltian dan Pengembangan</subject><subject lang="en-US">Learning Management System</subject><subject lang="en-US">4D</subject><description lang="en-US">Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) juga didefinisikan sebagai penelitian yang secara sengaja, sistematis, bertujuan/diarahkan untuk mencaritemukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, jasa, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D, 4D model ini terdiri dari 4 tahap utama yaitu, define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Learning Management System (LMS) dikembangkan sebagai media pembelajaran menggunakan open source yang telah tersedia. Diharapkan dapat menarik perhatian siswa, memberikan motivasi pada siswa, dan disesuaikan dengan minat siswa sehingga diharapkan informasi yang disampaikan melalui media tersebut dapat ditangkap oleh siswa dan diujicobakan pada proses belajar mengajar untuk melihat kepraktisan penggunaan Learning Management System (LMS). LMS mempunyai ruang lingkup administrasi, penyampaian materi, penilaian, monitoring, dan komunikasi. Materi-materi dalam kompetensi pedagogik dan profesional, yang dibuat dengan kemasan multimedia (teks, animasi, video, sound) yang ada dalam LMS akan mempercepat (akselerasi) penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara optimal.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan S1 &amp; D3 Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta</publisher><date>2019-12-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249</identifier><identifier>10.21009/9.2.1.2009</identifier><source lang="en-US">JTR-Jurnal Tata Rias; Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Tata Rias; 1-10</source><source>2303-2391</source><source>10.21009/jtr9.2</source><language>eng</language><relation>http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249/7857</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JTR-Jurnal Tata Rias</rights><recordID>article-13249</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author septia, fandy
title PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH SEDERAJAT
publisher Program Studi Pendidikan S1 & D3 Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta
publishDate 2019
topic Peneltian dan Pengembangan
Learning Management System
4D
url http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr/article/view/13249/7857
contents Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) juga didefinisikan sebagai penelitian yang secara sengaja, sistematis, bertujuan/diarahkan untuk mencaritemukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, jasa, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D, 4D model ini terdiri dari 4 tahap utama yaitu, define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Learning Management System (LMS) dikembangkan sebagai media pembelajaran menggunakan open source yang telah tersedia. Diharapkan dapat menarik perhatian siswa, memberikan motivasi pada siswa, dan disesuaikan dengan minat siswa sehingga diharapkan informasi yang disampaikan melalui media tersebut dapat ditangkap oleh siswa dan diujicobakan pada proses belajar mengajar untuk melihat kepraktisan penggunaan Learning Management System (LMS). LMS mempunyai ruang lingkup administrasi, penyampaian materi, penilaian, monitoring, dan komunikasi. Materi-materi dalam kompetensi pedagogik dan profesional, yang dibuat dengan kemasan multimedia (teks, animasi, video, sound) yang ada dalam LMS akan mempercepat (akselerasi) penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara optimal.
id IOS4451.article-13249
institution Universitas Negeri Jakarta
institution_id 257
institution_type library:university
library
library LPPM Universitas Negeri Jakarta
library_id 1026
collection JTR - Jurnal Tata Rias
repository_id 4451
subject_area Grooming/Merias Diri, Mendandani Diri, Tata Rias
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4451
first_indexed 2020-01-05T08:31:52Z
last_indexed 2020-06-14T21:20:48Z
recordtype dc
_version_ 1684757858529312768
score 17.538404