PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PASAR VALUTA ASING PADA MATA KULIAH EKONOMI INTERNASIONAL 2 (STUDI MAHASISWA SEMESTER 5 JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UMSU)

Main Authors: Rahayu, Sri Endang, Febriaty, Hastina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA , 2017
Online Access: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/998
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/998/944
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil tes, terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pasar valuta asing dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I untuk semester 5/A/IESP mencapai 76,95 dan pada siklus II yaitu 93,37. Ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 63,05% dan pada siklus II yaitu 100%. Peningkatan pemahaman diikuti juga oleh aktivitas mahasiswa yang meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL paada mahasiswa semester 5 jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi UMSU. Peneliti menyarankan agar dosen menggunakan model pembelajarn CTL ini dalam pembelajaran materi kuliah pasar valuta asing pada mata kuliah ekonomi internasional 2 dan dosen harus sungguh-sungguh membimbing mahasiswanya dalam pembelajaran. Kata kunci : Pemahaman materi pasar valuta asing, Contextual Teaching and Learning