PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Main Authors: | Fitriyani, Dewi, Darwis, Zulmanelis, Kartika, Irma Ratna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Jakarta
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3071 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3071/2916 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine of learning result in Guided Inquiry based SETS for buffer solution. The research conducted was SMA 55 Jakarta carried in 3th of April to 24th of Mar 2017. The study used purposive sampling technique, from three class taken two classes obtained XI MIA A was treated as the experimental group using the Guided Inquiry learning based SETS, obtained class XI MIA B was treated as control group using the Guided Inquiry. The study used post-test group design. Test instruments used essay. Data of test instrument result,analyzed by statistical analysis test is comparison test of both class post-test value. The result is t-count = 1,868 while the t-table value at 5% significance level is 1,669. The concluded that there is influence of student learning result by using guided inquiry based on SETS. Keywords : guided inquiry learning based SETS, learning result
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hasil belajar pada pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS pada kompetensi larutan penyangga. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 55 Jakarta yang dilaksanakan pada 3 April 2017 sampai dengan 24 Mei 2017. Pemilihan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dari tiga kelas diambil dua kelas, diperoleh kelas XI MIA A sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS dan kelas XI MIA B sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test grup desain. Instrumen yang digunakan adalah soal esay. Data hasil post-test kedua kelas, dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji t. Hasilnya, pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung = 1,868 sedangkan nilai ttabel = 1,669 . Kesimpulannya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS, Hasil Belajar