Pengembangan Modul Elektronik (e-Module) Kimia berbasis Kontekstual sebagai Media Pengayaan pada Materi Kimia Unsur
Main Authors: | Salsabila, Nadia, Nurjayadi, Muktiningsih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Jakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/12048 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/12048/7925 |
Daftar Isi:
- This study aims to develop chemistry electronic module (e-Module) based on contextual approach as an enrichment learning media on Chemical Elements for grade 12 science students in SMA/MA. This study uses Research and Development method by Borg and Gall. The instrument that used in this study is questionnaire. The module validated by four experts in content and language, and also three experts in media and graphic. The module also trialed by 19 students of grade 12 science, 33 college students of chemistry education program and 8 chemistry teachers. The ratings that are given by experts, students, and teachers from validation and trial stage can be categorized as good up to very good, so it can be concluded that the module is feasible to be used as a learning media on Chemical Elements for grade 12 science students of SMA/MA. Keywords Chemistry e-Module, contextual approach, learning media
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran untuk program pengayaan berupa modul elektronik (e-Module) kimia berbasis pendekatan kontekstual pada materi kimia unsur untuk peserta didik SMA/MA kelas XII MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall (2003). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 4 ahli materi dan bahasa serta 3 ahli media. Selanjutnya, modul diuji coba oleh 15 peserta didik kelas 12 SMA, 33 mahasiswa pendidikan kimia, dan 8 orang guru mata pelajaran kimia. Hasil penilaian terhadap modul yang diperoleh dari ahli dan pengguna (guru dan peserta didik) dapat dikategorikan baik hingga baik sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah memiliki kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XII MIPA SMA/MA pada materi kimia unsur. Kata kunci Modul elektronik kimia, pendekatan kontekstual, kimia unsur