Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM

Main Author: Elvina, Elvina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Balikpapan , 2020
Online Access: http://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/794
http://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/794/522
Daftar Isi:
  • Entrepreneurial orientation and market orientation are very importantthat must be owned by an entrepreneur in order to succeed in the business. This study aims to determine and to know the influence of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of SMEs inthe fashion sector in Labuhanbatu Regency and Labuhanbatu Selatan Regency, North Sumatra Province. This study involved 205 SMEs as the owners of the fashion industry in Labuhanbatu Regency and South Labuhanbatu Regency. The study was analyzed with Structural Equation Modeling using AMOS software version 23.The results showed that entrepreneurship orientation and market orientation has a significant role in improving the performance of the fashion industry. We also found that market orientation has the most influence in improving performance. Besides that, it was found that the dominant factor in increasing entrepreneurial orientation was the ability to capture and identify business opportunities, while to shape market orientation, giving attention and customer satisfaction has an important role. We recommend for providing training to entrepreneurs related to how to identify and capture opportunities and also about increasing customer satisfaction.Key Words: Entrepreneurial Orientation, Market0Orientation, SMEs PerformanceABSTRAKOrientasi kewirausahaan dan orientasi pasar memiliki peran yang sangat penting yang harus dimiliki seorang pengusaha agar berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskanpengaruh orientasi kewirausahaan danorientasi pasar terhadap kinerja UMKM sektor fashiondi Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini melibatkan 205 UMKM pemilik industri fashion di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian dianalisisdenganStructural Equation Modeling dengan menggunakan software AMOS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan maupun orientasi pasar memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja UMKM sektorindustri fashion. Kami jugamenemukan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh yang paling besar dalam meningkatkan kinerja UMKM. Disamping itu ditemukan bahwa faktor yang dominan dalam meningkatkan orientasi kewirasauhaan adalah kemampuan dalam menangkap dan mengidentifikasi peluang bisnis, sedangkan untuk membentuk orientasi pasar, memberikan perhatian dan kepuasan pelanggan memiliki peran penting. Penulis merekomendasikan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha UMKM berkaitan dengan bagaimana mengidentifikasi dan menangkap peluang dan juga tentang peningkatan kepuasan pelanggan. Kata Kunci :Orientasi Kewirausahaan,0Orientasi Pasar, Kinerja UMKM