Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan E-Commerce UKM Kain Tradisional Palembang

Main Author: Salamah, Irma -
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) , 2018
Online Access: http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/528
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/528/95
Daftar Isi:
  • This study empirically examines the factors that influence the success of e-commerce in traditional cloth of Palembang SMEs using the DeLone & McLean approach. The variables used are system quality, service quality, information quality, and use. The problem in this study is, there are still many SMEs in the traditional cloth of Palembang that have not used e-commerce technology in their business processes, so it is necessary to investigate what factors influence the use of e-commerce technology in the traditional cloth of Palembang SMEs. The samples taken are 35 traditional Palembang cloth SMEs that have used e-commerce in their business processes. This research was conducted with exploratory and empirical studies. In the exploratory study conducted by identifying the success factors of SI e-commerce based on the DeLone & McLean model. Next, make a hypothesis between the success factors of IS. An empirical study was conducted to verify the hypothesis that was made. Based on these two studies and using the path analysis method, an e-commerce model will be obtained for the traditional cloth Palembang SMEs. The results obtained are system quality variables that do not directly affect the use of use of e-commerce, service quality directly affects use of e-commerce, and information quality directly affects use of e-commerce.
  • Penelitian ini secara empiris menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan e-commerce pada UKM kain tradisional Palembang dengan menggunakan pendekatan DeLone & McLean. Variabel yang dipakai yang dipakai yaitu system quality, service quality, information quality, dan use. Masih banyaknya UKM kain tradisonal kota Palembang yang belum menggunakan teknologi e-commerce dalam proses bisnisnya adalah permasalahan dalam penelitian ini sehingga perlu diselidiki faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan teknologi e-commerce pada UKM kain tradisional kota Palembang. Sampel yang diambil adalah 35 UKM kain tradisional Palembang yang telah menggunakan e-commerce pada proses bisnisnya. Penelitian ini dilakukan dengan studi exploratory dan empiris. Pada studi exploratory dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan SI e-commerce berdasarkan model DeLone&McLean. Selanjutnya membuat hipotesis antara faktor-faktor IS success tersebut. Studi empiris dilakukan untuk memverifikasi hipotesis yang dibuat. Berdasarkan kedua studi ini dan dengan menggunakan metode path analisis, akan didapatkan model e-commerce untuk UKM kain tradisional Palembang.  Hasil yang didapat adalah variabel system quality tidak berpengaruh secara langsung terhadap penggunaan  e-commerce,   service quality berpengaruh langsung terhadap penggunaan e-commerce, dan information quality berpengaruh secara langsung  terhadap penggunaan e-commerce.