Rancang Bangun Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Mobile Dengan Metode PIECES
Main Authors: | Husna, Shabrina Salwa, Fadli, Mardhiah, Hajar, Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/507 http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/507/89 |
Daftar Isi:
- PO Handoyo Dumai is a company engaged in the field of transportation. PO ticket reservation system Handoyo PO is still a manual that passengers come directly to the ticket purchasing counter, prospective passengers have to wait to queue other than that difficult officer in serving every prospective passengers in ordering tickets still using manual recording. So it takes a system that can handle this problem, which serves as a bridge to simplify and speed up the process of booking tickets at PO Handoyo Dumai without requiring passengers to take the time to come to the ticket purchasing counter in the form of mobile devices with Android operating system. The system has been designed to apply PIECES method analysis with 6 variables: Performance analysis 86% complete performance quickly, information analysis 84% provide useful information, economic analysis (economy) 93% provide savings, control analysis (Control ) 88% safe data error, 85% efficiency (85%) efficiency analysis, and service analysis 86% system quality is excellent in service, User Acceptance Test 100% runs well according to performance, information, economical, control, efficiency, also service, and Black Box Testing has been approved based on 17 test items by the client and can run after the expected results
- PO Handoyo Dumai merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi. Sistem pemesanan tiket bus PO Handoyo masih berupa manual yaitu calon penumpang datang langsung ke loket pembelian tiket, calon penumpang harus menunggu untuk mengantri selain itu petugas sulit dalam melayani setiap calon penumpang dalam memesan tiket yang masih menggunakan pencatatan manual. Maka dibutuhkan sistem yang dapat menangani masalah ini, yang berfungsi sebagai jembatan untuk mempermudah dan mempercepat proses pemesanan tiket pada PO Handoyo Dumai tanpa mengharuskan calon penumpang meluangkan waktu khusus untuk datang ke loket pembelian tiket yaitu berupa perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Sistem yang sudah dirancang menerapkan analisa metode PIECES dengan 6 variabel yaitu Analisis kinerja(Performance) 86% menyelesaikan kinerja dengan cepat, analisis informasi(information) 84% memberikan informasi yang berguna, analisis ekonomi(economy) 93% memberikan kehematan, analisis control(Pengendalian) 88% data aman tidak terjadi kesalahan, analisis efisiensi(efficiency) 85% dapat digunakan dengan baik, dan analisis pelayanan(service) 86% kualitas sistem sangat baik dalam pelayanan, uji User Acceptance Test 100% berjalan dengan baik sesuai kinerja, informasi, ekonomis, pengendalian, efficiency, juga pelayanan, dan Black Box Testing telah disetujui berdasarkan 17 butir uji oleh client dan dapat berjalan seusai dengan hasil yang diharapkan.