Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasi
Main Author: | Rosiska, Evan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/419 http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/419/72 |
Daftar Isi:
- pelayanan penjualan tiket perjalanan pesawat dan saat ini sudah memiliki lebih dari 200 mitra usaha. Kurangnya informasi mitra usaha yang aktif dalam menjalankan dan mempromosikan bisnis penjualan tiket pesawat membuat PT Bandar Madani 165 kesulitan dalam memberikan apresisi penghargaan kepada mitra usaha yang berprestasi dan tidak adanya metode yang digunakan dalam memberikan apresiasi. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam membantu membuat keputusan. Pada penelitian ini, untuk mempermudah pengujian digunakan lima alternatif mitra usaha yaitu: TT travel, Putri Persada, Lucia, Celebes, Filkana. dan kriteria-kriteria yang gunakan diantaranya: penjualan, jaringan, publik sepeker, kontrak kerja, dan pengalaman. Validitas diuji dengan menggunakan perhitungan manual menggunakan perhitungan matriks menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peringkat pertama didapatkan oleh TT travel (32%), kedua Celebes (22%), ketiga Putri Persada (17%), keempat Lucia (15%), dan kelima Filkana (11%).
- PT Bandar Madani 165 which has a trademark of Ticket Terminal, is a company engaged in aircraft ticket sales service and currently has more than 200 business partners. The lack of information of business partners who are active in running and promoting the business of air ticket sales makes PT Bandar Madani 165 difficulty in giving appreciation apresisi to business partners who excel and the absence of methods used in giving appreciation. Therefore, an Analytical Hierarchy Process (AHP) method is needed to help make decisions. In this study, to facilitate the testing used five alternative business partners are: TT travel, Putri Persada, Lucia, Celebes, Filkana. and the criteria used include: sales, networks, public spaces, work contracts, and experience. Validity is tested using manual calculations using matrix calculations using Microsoft Excel. The results showed that the first rank obtained by TT travel (32%), second Celebes (22%), third Putri Persada (17%), Lucia four (15%), and fifth Filkana (11%).