Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK

Main Authors: Frieyadie, Frieyadie, Ramadhan, Surya Mahendra
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) , 2018
Online Access: http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/396
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/396/96
Daftar Isi:
  • Students of junior high school who are planning to continue their education to vocational school (SMK) must decide the choice, to the field or what majors will be chosen to continue their education later. And this is something quite difficult to decide by most junior high school students, especially those who do not have many references and seek information related to vocational education. Most of them are less mature to choose the majors that exist according to their ability, due to enough new students who fail in the middle of the road when they have been accepted in Vocational High School (SMK). The result of analysis of Analytical Hierarchy Process result calculation stated that the chosen alternative and most appropriate with criteria is Broadcast. With AHP results obtained from 3 respondents who then calculated and obtained the final result that Broadcast excels with a percentage value of 43% versus Accounting 27% and 31% Office Administration. Globally the most important factor prioritized in the selection of majors is the test score with a weighted value of 0.473 or 47% and the most priority majors are Broadcast majors with a score of 47%. The Analytical Hierarchy Process method can help schools in particular to determine some issues regarding the selection of majors. Because the AHP method is a method whose main input is human perception.
  • Siswa/i lulusan SMP yang berencana melanjutkan jenjang pendidikannya ke sekolah menengah kejuruan (SMK) harus memutuskan pilihan, ke bidang atau jurusan apa yang akan dipilih untuk melanjutkan pendidikannya kelak. Dan ini adalah sesuatu yang cukup sulit untuk diputuskan oleh kebanyakan siswa SMP, terutama yang tidak banyak memiliki referensi dan mencari informasi terkait dengan pendidikan SMK. Kebanyakan mereka kurang matang untuk memilih jurusan yang ada sesuai kemampuanya, akibat cukup banyak siswa baru yang gagal di tengah jalan ketika mereka sudah diterima di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hasil analisis dari perhitungan hasil Analytical Hierarchy Process menyatakan bahwa alternatif yang terpilih dan paling sesuai dengan kriteria adalah Broadcast. Dengan hasil AHP yang diperoleh dari 3 responden yang kemudian dihitung dan didapat hasil akhir bahwa Broadcast unggul dengan presentase nilai sebesar 43% berbanding dengan Akuntansi 27% dan Administrasi Perkantoran 31%. Secara global faktor utama yang paling di prioritaskan dalam penilaian pemilihan jurusan adalah nilai tes dengan nilai bobot 0,473 atau 47% dan jurusan yang paling di prioritaskan adalah jurusan Broadcast dengan nilai 47%. Metode Analytical Hierarchy Process dapat membantu sekolah khususnya untuk menentukan beberapa persoalan mengenai pemilihan jurusan. Karena metode AHP yaitu suatu metode yang input utamannya adalah persepsi manusia.