E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian
Main Authors: | Apriadi, Deni, Saputra, Arie Yandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/36 http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/36/20 |
Daftar Isi:
- Sektor pertanian cukup memiliki peranan penting dalam upaya mendukung perekonomian Indonesia. Namun disisi lain, terkadang banyak kelompok masyarakat tidak diuntungkan akibat permasalahan yang timbul karena rantai distribusi produk pertanian tersebut yang cukup panjang terutama bagi petani dan konsumen (end user). Tentu saja keadaan tersebut harus diperbaiki, agar hasil pertanian Indonesia dapat dinikmati oleh konsumen atau petani dengan layak. Salah satu usahanya adalah dengan membangun sistem peniagaan berbasis e-commerce di bidang pertanian. Sistem perniagaan berbasis e-commerce dapat dijadikan sebagai alternatif bagi petani petani, dijadikan sebagai media promosi, komunikasi dan informasi serta dapat memotong rantai distribusi pemasaran hasil pertanian. Manfaat yang dirasakan oleh para petani dan konsumen secara langsung dan tidak langsung memberi pengaruh positif, terutama dari semakin luasnya jalur pemasaran hasil pertanian dapat meningkatkan permintaan produksi serta memacu pengadaan produksi di kalangan petani dan juga harga di tawarkan ke konsumen akan dapat lebih murah sehingga penjualan di hasil pertanian dapat lebih meningkat dan menguntungkan bagi petani
- The agricultural sector has an important role in supporting the Indonesian economy. But on the other hand, sometimes many community groups do not benefit due to problems that arise because the distribution chain of agricultural products are long enough, especially for farmers and consumers (end users). Of course the situation must be improved, so that the agricultural products of Indonesia can be enjoyed by consumers or farmers with proper. One of its efforts is by establishing an e-commerce based e-commerce system in agriculture. E-commerce based ecommerce system can be used as an alternative for farmers, used as a media campaign, communication and information and can cut the distribution chain of agricultural products marketing. The benefits felt by farmers and consumers directly and indirectly give a positive influence, especially from the broader marketing channels of agricultural products can increase production demand and spur the procurement of production among farmers and also the price offered to consumers will be cheaper so that sales in agricultural products can be more increased and profitable for farmers