Pengukuran Tingkat Kematangan Pengembangan Business Intelligence Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Perguruan Tinggi
Main Authors: | Primadewi, Ardhin, Yudatama, Uky, Nugroho, Setiya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/18 http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/18/6 |
Daftar Isi:
- In the era of globalization, the role of Information and Communication Technology (ICT) is the main asset in winning the global competition. Currently the role of ICT in education is enormous. High education have used ICT as an implementation of e-business. But the implementation of ICT business intelligence in high education still sporadic. High education need direction of measurable and targeted ICT development with business intelligence overview. It needs a reference of management and monitoring of ICT business intelligence implementation at high education as a benchmark. The benchmark in this study is using BIDM framework that can evaluate the development of business intelligence implementation from technological, human and process perspective. The result is a level in terms of implementation of ICT business intelligence in high education that became the basis of making the next strategic plan of higher education. Then the existing problems can be mapped using Value chain analysis. Combining these two ways is expected to be a reference for the development of implementation of ICT business intelligence in high education to be more systematic.
- Pada era globalisasi ini peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan modal utama dalam memenangkan persaingan global. Saat ini peranan TIK pada dunia pendidikan sangat besar. Perguruan tinggi sebagai bagian dari dunia pendidikan telah menggunakan TIK sebagai implementasi dari e-business namun masih bersifat sporadis. Perguruan tinggi membutuhkan arahan pengembangan TIK yang terukur dan terarah dengan kerangka business intelligence. Perlu adanya acuan pengelolaan dan pemantauan sebagai tolak ukur implementasi business intelligence TIK pada perguruan tinggi. Tolak ukur dalam penelitian ini menggunakan BIDM framework yang dapat mengevaluasi perkembangan implementasi business intelligence dari sudut pandang teknologi, manusia dan proses. Hasilnya adalah suatu level dalam hal implementasi business intelligence TIK perguruan tinggi yang menjadi dasar pembuatan rencana strategis perguruan tinggi selanjutnya. Kemudian permasalahan yang timbul dapat dipetakan dengan menggunakan serta Value chain analysis. Dengan menggabungkan kedua cara ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan implementasi business intelligence TIK perguruan tinggi agar lebih sistematis.