Rancang Bangun Game Edukasi Biologi untuk Peningkatan Pemahaman Materi Genetika
Main Authors: | Wibowo, Fahrudin Mukti, Ramadhani, Muhammad Alfi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/1058 http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/1058/164 |
Daftar Isi:
- Education systems in schools today are generally still oriented to the material media books and verbal material delivery by the teacher. This problem raises the lack of understanding and lack of interest of students in understanding material, especially in Biology chapter Genetics. The learning media provided by the teacher are felt to be lacking to support the achievement of maximum student learning achievement. Therefore an interesting learning media is needed that aims to foster students 'interest in learning and increase students' understanding of genetic material. Alternative learning media that can be used is with educational games. In the process of developing this educational game using the waterfall method. The selection of the waterfall method is because the process of making each stage is systematic, meaning that each stage is interrelated so that it can facilitate the making of the system. The results of this study were in the form of an educational game "The Adventure of Cali-Cali" which was tested on students to find out the improvement in learning achievement. From the data obtained at the pretest results show that students still do not understand the genetic material provided by the teacher. This is evidenced by as many as 90.3% of students who have not met the Minimum Completion Criteria (KKM). Then the treatment game was given when the posttest showed that as much as 6.50% of students did not meet the KKM. The comparison of the results of the pretest and posttest showed an increase in student learning achievement which increased to 83.8%.
- Sistem pembelajaran di sekolah saat ini umumnya masih berorientasi pada media buku materi dan penyampaian materi secara verbal oleh guru. Permasalahan ini menimbulkan ketidakpahaman dan kurangnya minat siswa di dalam memahami suatu materi, khususnya pada materi Biologi bab Genetika. Media pembelajaran yang diberikan oleh guru dirasa masih kurang untuk mendukung tercapainya prestasi belajar siswa yang maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik yang bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar siswa dan meningkatkan pemahaman siswa dalam materi genetika. Media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah dengan game edukasi. Dalam proses pengembangan game edukasi ini menggunakan metode waterfall berbasis Flash. Pemilihan metode waterfall karena proses pembuatan tiap tahapnya sistematis, artinya setiap tahap saling berkaitan, sehingga mampu memudahkan dalam pembuatan sistem. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi “ The Adventure Of Cali-Cali” yang diujikan kepada siswa untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar. Dari data yang diperoleh pada hasil pretest menunjukkan bahwa siswa masih belum memahami materi genetika yang diberikan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan sebanyak 90.3% siswa yang belum memenuhi standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kemudian diberikan treatment game ketika posttest yang menunjukkan bahwa sebanyak 6,50% siswa belum memenuhi KKM. Dari perbandingan hasil pretest dan posttest menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa yang meningkat menjadi 83,8%. Data pretest dan posttest diuji secara kuantitatif dengan menggunakan uji t berpasangan saling berhubungan, diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai/skor rata-rata pretest dan posttest. Sedangkan data kuesioner diuji secara kualitatif untuk mengetahui pendapat siswa.