Urgensi kompetensi guru bimbingan dan konseling di sekolah dan prestasi belajar siswa

Main Author: Sari, Rezky Permata
Other Authors: -
Format: Article info Literatur Review application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta & Ikatan Konselor Indonesia (IKI) , 2017
Subjects:
Online Access: https://ejournal-bk.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/9
https://ejournal-bk.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/9/pdf
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar merupakan tolok ukur keberhasilan dalam pendidikan. Dalam usaha mendidik siswa, maka kompetensi guru merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap guru. Guru yang kompeten akan mampu membuat siswa termotivasi dalam belajar. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Hal ini juga berlaku tidak hanya untuk guru mata pelajaran tetapi juga kepada guru bimbingan dan konseling. Guru bimbingan dan konseling yang memiliki kompetensi tinggi memiliki pengaruh yang besar terhadap pencapaian prestasi belajar siswanya, karena dengan pelayanan bimbingan dan konseling yang optimal, seorang siswa mampu mendorong dirinya untuk meraih prestasi belajar.