STORE ATMOSPHERE DALAM MENCIPTAKAN EMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Survey pada Pengunjung Alfamart, Jalan Soekrano Hatta, Ruko Center Point, Kota Malang
Main Author: | Kurniawan, Mochammad Lukman Zaini |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Program Magister,Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://fia.ub.ac.id:80/katalog/index.php?p=show_detail&id=5266 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada pengaruh antara Store Atmosphere (SUasana Toko), Emosi dan Keputusan Pembelian. Store Atmosphere merupakan salah satu unsur yang dapat memicu keputusan pembelian. Menurut teori SOR (Stimulus Organism Response) yang dikemukakan oleh Merabian and Russell (1976), setiap individu yang melakukan keputusan pembelian akan melewati tahapan SOR. Emosi terdiri dari tiga unsur antara lain : Kesenangan, Gairah, dan Dominasi. Response (Respon) terdiri dari dua unsur yaitu mendekati atau menghindari. Jika respon yang terjadi adalah mendekati, maka akan terjadi keputusan pembelian. Bagi pemilik toko kelontong yang keberadaannya mulai tergeser dengan oleh kehadiran minimarket, hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki suasana tokonya agar mampu bersaing.