SIKAP DAN PERILAKU PELAYANAN PUBLIK Suatu Kajian Perwujudan Adat Basandi Syarak bagi Aparatur dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kota Padang, Kota Bukittinggi dan Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat
Main Author: | Maiyulnita |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
Program Doktor Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://fia.ub.ac.id:80/katalog/index.php?p=show_detail&id=4417 |
Daftar Isi:
- Konteks pelayanan publik saat ini semakin memprihatinkan dan cenderung kurang responsif yang diakibatkan oleh semakin redupnya nilai lokal yang diaplikasikan oleh aparat pemberi layanan. Padahal, di Provinsi Sumatera Barat dari hasil kajian (Naim, 1991) dalam ranah bisnis sebetulnya filosofi Adat Basansi Syarak telah dijadikan fondasi dalam pengelolaannya. Namun, pada ranah publik nilai-nilai tersebut belum tampil sebagai perilaku aparatur ketika berlangsungnya proses pelayanan IMB. Padahal dari kajian Osborne dan Plastrik (1995) diperoleh gambaran bahwa pendekatan budaya diharapkan dapat memperbaiki kinerja pelayanan publik.